Senin, 02 Juni 2014

Cara kerja keyboard pada komputer

PENJELASAN DAN CARA KERJA ALAT INPUT PADA KOMPUTER

Komputer memiliki beberapa alat input yang sangat penting.Banyak orang yang sudah menggunakannya tanpa mengetahui penjelasan dan cara kerjanya.Di sini saya mencoba untuk menjelaskan atau tepatnya memberi tahu sedikit penjelasan tentang alat input pada komputer.
1.KEYBOARD
      Dalam bahasa Indonesia alat ini juga di sebut papan tombol jari atau papan tuts.Alat ini berbentuk seperti papan dengan banyak tombol di atasnya, berupa huruf,angka dan tombol fungsi lainnya.Alat ini bertugas untuk menginput teks dan mengontrol pengoperasian komputer.
Berikut cara kerja pada keyboard;
1.Tombol keyboard di tekan.Ketika tombol di tekan maka tombol tersebut akan menekan sebuah karet   yang ada di bawah tombol.
2.Keyboard controller menngirim kode untuk tombol yang di tekan ke buffer keyboard yang tugasnya mentransmisikan bentuk-bentuk kode biner.
3.Controller keyboard mengirimkan inerrupt request ke software sistem dan sinyal yang di transmisikan akan berbentuk kode biner.
4.Software sistem merespon interrupt dengan membaca kode dari buffer keyboard dan data yang berbentuk biner tersebut akan di generate oleh chip komputer.
5.Software sistem mengirim kode ke CPU.Setelah kode biner di generate maka kode akan tampil kembali menjadi bentuk huruf yang sama seperti tombol yang di tekan pada keyboard.
Keyboard memiliki beberapa port yaitu, port serial, ps2,USB dan wireless dan memiliki 3 jenis yaitu, QWERTY,Dvorak dan Klockenberg.

2.MOUSE
     Dalam bahasa inggris kata ini berarti tikus.Mengapa harus mouse? Alat ini di sebut mouse karena bentuknya yang kecil dan kabel belakang yang menjulur seperti buntut tikus.Alat input ini berbentuk mungil dengan trackball yang terletak di antara dua tombol fungsi (kiri dan kanan).Alat in i bekerja sebagai pengatur posisi kursor di layar dengan menggesernya di atas bidang datar dan kursor di layar pun akan bergeser sesuai pergerakan arah mouse.
Cara kerja alat ini simple.Dengan kita menekan atau menggerakannya saja.Jika kita menekan tombol kiri atau biasa di sebut Click, maka akan muncul data objek yang di tunjuk kursor tergantung objek dan aplikasi yang di tunjuk.Jika menekan yang kanan atau biasa di sebut Drag, maka akan objek yang di tunjuk kursor akan bergeser atau tersalin ke objek lain tergantung data atu aplikasi yang di tuhnjuk kursor.

3.TRACKBALL
     Alat input ini berbentuk seperti bola bulat.Bekerja hampir sama dengan mouse yang mebedakan adalah konfigurasinya.Bila mouse bekerja dengan menggerakkan seluruh tubuhnya, maka trackball cukup hanya diam dan bisa di tempatkan di tempat yang sempit.Hanya dengan menggerakkannya dengan jari maka 2 sensor putar yang terdapat di dalamnya akan bergerak sesuai penggerakkan yang di kehendaki.

4.SCANNER
    Alat input yang satu ini cukup unik karena bentuk dan kerjanya hampir sama seperti mesin fotocopy.Hanya saja hasil dari mesin fotocopy bisa langsung di lihat di kertas, sedangkan scanner hasilnya akan di tampilkan pada layar monitor untuk kemudian bisa di modifikasi atau biasa di sebut proses editing untuk menghasilkan hasil yang lebih bagus seperti text file, dokumen atau gambar.Alat ini memiliki ukuran yang bermacam-macam.Ada yang sebesar kertas folio bahkan postcard.Dan yang paling terbaru adalah scanner berbentuk pulpen yang di luncurkan  oleh WizCom Technologies Inc. yaitu Quicklink.
Ada 2 macam scanner, yaitu scanner yang bisa menyimpan dua warna saja dan scanner yang langsung bisa menyimpan tiga warna.
Cara kerja scanner;
Cara kerja alat ini dio bantu oleh mouse.
1.Pergerakan mouse dari komputer bergerak mengendalika pengiriman objek ke pusat scanning.
2.Lalu unit scanning mengatur tempat pengiriman objek ke jalur yang sesuai untuk selanjutnya di lakukan proses scanning.
3.Jika lampu pada alat scanning menyala itu berarti proses scanning sedang berlangsung.
4.Apabila lampu telah berhenti menyala  berarti proses scanning telah selesai dan hasilnya dapat di lihat di layar monitor komputer.
5.jika hasil yang telah ada ingin di ubah kembali, maka anda bisa menggunakan software-software aplikasi yang ada seperti, fotoshop,adobe,post scanned dan lain-lain.

5.JOYSTICK
     Alat ini biasa di gunakan pada aplikasi permainan (game).Berbentuk seperti tongkat, namun sekarang joystick berupa kotak yang terbuat dari plastik dengan banyak tombol yang berguna untuk menangkap gerak dinamis atau menggerakkan objek yang di kehendaki.
Cara kerja alat ini adalah dengan memberikan isyarat yang akan di pancarkan joystick kepada proyektil via radio yaitu dengan cara menggerakkan atau menekan tombol untuk menggerakkan objek yang di kehendaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar